Sejarah Perusahaan

Sejarah Bank Central Pitoby

Dengan semakin meningkatnya perekonomian daerah khususnya Kupang dan sekitarnya, membawa dampak yang positif bagi kehidupan masyarakat untuk memperoleh kesejahteraan di segala aspek. Seperti kita ketahui Stabilitas Nasional dan Daerah khususnya Daerah Nusa Tenggara Timur semakin mantap, sehingga membawa angin segar bagi para pelaku pasar untuk semakin mengembangkan usahanya didaerah ini.

Meningkatnya perekonomian daerah, menyebabkan pembangunan disegala sektor, dimana Pemerintah Daerah mengharapkan peran pihak Swasta khususnya dunia usaha dapat berperan aktif secara langsung dalam Pengembangan Perekonomian Daerah. Dengan demikian ekonomi mikro pun turut berkembang sehingga tercapainya pemerataan kesejahteraan dan menghilangkan kesenjangan sosial.

Untuk mewujudkan harapan Pemerintah tersebut kami sebagai Putra Daerah terpanggil untuk ikut berperan aktif meningkatkan perekonomian daerah, dan menyentuh masyarakat pengusaha mikro, dengan mendirikan Bank Perkreditan Rakyat Central Pitoby.

Dengan berdirinya PT. BPR Central Pitoby diharapkan dapat menjawab tantangan akan kebutuhan modal usaha bagi ekonomi mikro, yang selama ini tidak tersentuh oleh Bank Umum atau Usaha Mikro memenuhi persyaratan dari Bank Umum.

Visi & Misi

Visi Misi Perusahaan

Visi Kami

  • Menjadikan PT. BPR Central Pitoby sebagai suatu Lembaga Keuangan yang diterima dan dipercaya masyarakat sehingga bisa memajukan ekonomi rakyat.
  • Menjadikan PT. BPR Central Pitoby sebagai suatu Lembaga Keuangan yang professional dan handal dengan teknologi yang canggih.

Visi Kami

  • Siap melayani seluruh lapisan masyarakat pedesaan dan perkotaan di sektor perdagangan, pertanian, peternakan, perikanan dan konstruksi.

1. Tujuan Pendirian PT. BPR Central Pitoby

Sesuai Visi dan Misi kami maka disamping pelayanan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan modal usaha dan investasi tentunya juga sebagai suatu lembaga keuangan harus tetap terorientasi kepada keuntungan sehingga PT. BPR Central Pitoby bisa tetap eksis dan berkembang dan lebih maju.

 

2. Tingkat Persaingan dan Tinjauan Pasar

Dilihat dari tingkat persaingan yang terjadi yaitu selain dengan sesama Bank Perkreditan Rakyat yang ada dikota Kupang juga terdapat Bank Umum, Koperasi dan lembaga keuangan mikro lainnya akan tetapi karena luas daerah kota Kupang dan sekitarnya masih menyimpan potensi yang sangat besar sehingga peluang pasar di daerah ini masih sangat luas dan terbuka untuk dikembangkan asalkan dikelola secara professional dan maksimal.

Mengingat para pelaku pasar yakni : para pedagang kecil di pasar tradisional, para nelayan, home industri, pengrajin kecil dan menengah, tukang ojek, kios – kios, dll. Sektor – sektor inilah yang masih kurang dijamah oleh bank – bank besar padahal mereka layak memperoleh tambahan modal usaha. Disinilah kehadiran Bank Perkreditan Rakyat diharapkan dapat membantu mengembangkan usaha mikro sehingga mampu bersaing dan tetap hidup.

 

3. Kegiatan Usaha

Kegiatan utama PT. BPR Central Pitoby sesuai dengan Anggaran Dasar Perusahaan dan Peraturan Bank Indonesia :

  1. Menghimpun dana masyarakat dalam bentuk Tabungan dan Deposito.
  2. Memberikan Pinjaman Modal Kerja kepada masyarakat dengan tingkat suku bunga terjangkau yang dapat dikembalikan melalui angsuran bulanan maupun harian.
  3. Memberikan Pinjaman Konsumtif bagi masyarakat untuk membeli peralatan rumah tangga maupun barang – barang elektronik, ataupun untuk pembangunan rumah.
  4. Memberi Pinjaman kepada Masyarakat berpenghasilan tetap, mis : pegawai Swasta atau pegawai negeri sipil.
  5. Memberikan kredit kendaraan bermotor baik untuk usaha maupun untuk kebutuhan pribadi.

 

4. Sumber Dana

Sumber dana untuk kegiatan usaha PT. BPR Central Pitoby sampai saat ini berasal dari modal sendiri sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia juga berasal dari simpanan dana pihak ketiga berupa tabungan dan deposito.

Tidak tertutup kemungkinan untuk melakukan linkage program dengan Bank Umum sehingga dapat menambah volume kerja kegiatan usaha BPR.

 

5. Pemasaran Kegiatan Usaha

Pemasaran kegiatan usaha yang dilakukan PT. BPR Central Pitoby adalah melalui :

  1. Pemasaran melalui pemasangan Iklan media cetak dan elektronik.
  2. Pemasangan spanduk ditempat – tempat strategis sehingga dapat dibaca / dilihat oleh masyarakat luas.
  3. Penyebaran brosur – brosur di tempat keramaian, kantor – kantor, pasar, dll.
  4. Pemberian suku bunga tabungan dan deposito yang menarik dan bersaing.
  5. Mengadakan Tabungan atau Pinjaman berhadiah pada jangka waktu tertentu.

 

6. Perkembangan Usaha

Perkembangan usaha PT. BPR Central Pitoby dapat dilihat dari laporan keuangan berupa Neraca Periode Terakhir dan Laporan Rugi Laba yang kami sertakan pada proposal ini.

 

7. Penetapan Usaha

Lokasi usaha terletak dipusat Kota Kupang yang merupakan Kota Propinsi Nusa Tenggara Timur tepatnya terletak di Jalan Jenderal Soedirman Nomor 138 Kupang.

Letak ini sangat strategis dekat dengan pasar – pasar tradisional, pertokoan, kantor pemerintah dan kompleks perumahan.

Status kepemilikan dari Gedung Kantor BPR adalah sewa dengan jangka waktu selamanya sesuai dengan kebutuhan dari BPR. Pemilik Gedung Kantor adalah Bpk. Charles Pitoby yang juga sebagai salah satu Komisaris dan juga Pemilik BPR Central Pitoby.

 

8. Sumber Daya Manusia

Untuk meningkatkan efisiensi dan produtifitas kerja agar sesuai dengan yang diharapkan perusahaan maka pada saat ini perusahaan telah mempunyai 18 (delapan belas) orang karyawan tetap dan 2 orang tenaga kontrak.

SDM yang ada adalah tenaga – tenaga yang sudah terlatih dan berpengalaman dibidangnya masing – masing.

Tidak tertutup kemungkinan akan ada penambahan karyawan seiring dengan perkembangan dan kebutuhan perusahaan.

Demikian Profil dari PT. BPR Central Pitoby ini kami buat, sebagai bahan pertimbangan dalam permohonan pinjaman kepada LPDB-KUMKM. Atas bantuan dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.